• Search
  • Lost Password?

SMI Berbagi

Pendemi Covid-19 berdampak kepada semua lapisan masyarakat, termasuk Ibu Tunggal.

Memasuki minggu ke 4 setelah pemerintah menerapkan social distancing, setelah sekolah juga kantor-kantor mulai dirumahkan, kami di Single Moms Indonesia mulai menerima banyak sekali cerita anggota yang mulai merasakan dampak berat dari pendemi ini.

Ibu Tunggal yang sebelum pendemi saja sudah harus berjuang sendiri, memanting tulang, berusaha sekuat tenaga menyambung hidup pasca perceraian atau setelah pasangan berpulang, kini mulai merasakan dampak ekonomi Covid-19.

Pengurus Single Moms Indonesia akhirnya memutuskan untuk membuka donasi, bertajuk SMI Berbagi, kami membuka fundraising campaign di Kitabisa dan melalui transfer langsung ke komunitas kami.

Target awal fundraising kami di Kitabisa ‘hanya’ sebesar Rp. 20,000,000 dan ternyata di luar ekspektasi kami semua, dalam waktu dua hari target tersebut telah terpenuhi! Takjub, tidak percaya rasanya melihat begitu besar antusias orang baik di luar sana yang mendukung program SMI Berbagi ini.

Banyak sekali mulai influencers sampai selebriti yang membantu posting SMI Berbagi di Instagram mereka sehingga semakin banyak dana yang terkumpul dan dampaknya? Semakin banyak anggota SMI yang dapat kami bantu.

Kami berusaha sekuat tenaga agar amanah dalam menyalurkan bantuan ini, oleh sebab itu Pengurus SMI melakukan verifikasi data masing-masing calon penerima bantuan yang terkumpul. Kami meminta anggota untuk mengisi formulir pendataan sebelumnya dan dari data tersebut kami melakukan cross check untuk memastikan keanggotaan mereka.

Setelah kami melakukan pendistribusian yang ketiga kalinya, sungguh diluar dugaan, kami menerima kabar dari pihak Kitabisa kalau SMI terpilih sebagai salah satu penerima dana tambahan dari Kitabisa dan Narasi TV hasil penggalangan dana yang mereka laksanakan di program “Konser #DiRumahAja”.

Perasaan haru tidak hanya menyelimuti kami para pengurus, tapi seluruh anggota SMI. Dana tambahan sebesar Rp. 50,000,000 tersebut membuat total dana terkumpul di campaign kami menjadi Rp. 108.030.918!

Sungguh terharu, belum lagi kami menyaksikan sendiri bagaimana anggota komunitas kami yang semuanya adalah Ibu Tunggal, semuanya juga sama-sama berjuang untuk tetap survive tapi mereka masih mau membantu dan turut berdonasi semampunya. Buat kami ini adalah bukti nyata dari kebaikan hati juga ikatan batin yang terbentuk di dalam komunitas kami.

Terhitung tanggal 17 Juni 2020, kami telah berhasil menyalurkan semua dana yang terkumpul baik dari Kitabisa maupun dari transfer langsung ke rekening salah satu pengurus kami.

Laporan donasi langsung ke rekening pengurus SMI dapat dilihat di sini:

Laporan Donasi Direct Transfer

Untuk Kitabisa dapat dibaca di laman campaign kami.

Total Ibu Tunggal yang berhasil terbantu dalam program SMI Berbagi ini adalah sebanyak 243 Ibu Tunggal yang lokasinya tersebar di seluruh Indonesia.

Total pendistribusian dana yang terkumpul dari Kitabisa dapat dilihat di infografis berikut:

Sedangkan untuk pendistribusian donasi yang terkumpul melalui transfer ke bank pengurus kami, penyebarannya dapat dilihat di infografis berikut:

Ijinkan kami menyampaikan ucapan terima kasih kami yang sedalam-dalamnya atas semua dukungan banyak pihak sehingga Program SMI Berbagi ini dapat terlaksana dan berdampak positif untuk Ibu-Ibu Tunggal yang hidupnya terdampak Covid-19.

Semoga Allah memberikan rejeki berlimpah juga kesehatan selalu bagi semua orang baik dan donatur juga semua anggota SMI yang turut berpartisipasi sejak awal SMI Berbagi dimulai hingga selesai.

Beragam ucapan terima kasih penerima donasi ini dapat dilihat di Facebook Page kami.

Sekali lagi, kami ucapkan banyak terima kasih.

Written by
Maureen

Maureen Hitipeuw adalah ibu tunggal dengan satu putra yang berusia 13 tahun. Maureen membentuk dan mengelola Single Moms Indonesia sejak tahun 2014. Ia ingin komunitas Single Moms Indonesia bisa menguatkan dan menginspirasi lebih banyak ibu tunggal untuk kembali berdaya dan berbahagia bersama anak-anak mereka.

View all articles
Leave a reply

1 comment
Invalid OAuth access token.
Written by Maureen

Instagram

Invalid OAuth access token.

SMI Podcast