• Search
  • Lost Password?

Jadi Single Mom itu Bukan Kegagalan

Jadi Single Mom itu Bukan Kegagalan

Jadi single mom itu tidak mudah dan banyak tantangannya. Moms sendiri pasti bisa merasakannya sekarang, begitu banyak hal yang harus bisa dilakukan tanpa bantuan orang lain. Disaat wanita lain mendapat dukungan dari pasangannya, maka para ibu tunggal harus bisa mandiri dan bergerak sendiri. Dari waktu bangun tidur hingga jam tidur tiba lagi, mom melakukan segalanya tanpa ada sokongan moril dari sosok yang disebut suami. Sedih? Perasaan seperti itu sudah sewajarnya ada.

Melakukan segalanya sendirian bukan berarti kita adalah wonderwoman. Karena bagaimanapun juga wanita tetaplah wanita yang pasti ada sisi feminimnya. Menangis dan sesekali galau bukan hal tabu untuk dilakukan. Bahkan, mencurahkan emosi dengan mengeluarkan airmata dipercaya dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh mom. Mungkin mom pernah merasakan begitu lelah dan sendirian tapi malu terlihat lemah. Padahal itu adalah hal yang wajar, dan memang dianjurkan untuk mengeluarkan emosi negatif yang ada.

Single mom sering juga dikaitkan dengan hal-hal yang berbau negatif. Seperti diketahui, stigma masyarakat pada orang yang menyandang predikat ini masih sensitif. Karenanya, seorang ibu tunggal juga harus pandai menjaga kehormatan diri dan lingkungannya. Bukan karena moms merasa tidak melakukan hal yang negatif jadi pura-pura tidak peka. Pada dasarnya manusia itu makhluk sosial, jadi sudah sewajarnya apabila menjaga empati dengan pergaulan sekitarnya pula.

Ada beberapa hal yang bisa moms lakukan agar menyandang predikat ibu tunggal tidak terasa jadi beban.

  • Moms bisa berupaya untuk tetap menjaga sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Dimulai dari keluarga, kemudian tetangga. Menjaga komunikasi dengan baik akan membuat moms terhindar dari isu-isu negatif sebagai single mom.
  • Sendirian itu tidak mudah, karenanya moms bisa mulai dengan mencari teman yang sama kondisinya. Memiliki teman yang senasib bisa lebih memudahkan dalam keterbukaan. Hal ini dapat membantu ketika moms sedang drop emosinya. Teman tersebut bisa dijadikan tempat berbagi permasalahan yang ada.
  • Hal lain yang dianjurkan untuk moms lakukan adalah bergabung dengan komunitas yang menaungi para ibu tunggal. Bergabung dengan komunitas seperti ini akan sangat membantu, karena pada dasarnya kelompok tersebut memiliki visi misi yang sama dengan para single mom. Yang paling utama moms tidak akan merasa sendirian karena banyak anggotanya yang senasib.
  • Moms juga bisa mulai dengan mengikuti berbagai pelatihan pengembangan diri. Informasi pelatihan-pelatihan seperti ini bisa diperoleh dari teman atau komunitas yang moms miliki. Pada dasarnya, pelatihan pengembangan diri bertujuan untuk melatih kemandirian para pesertanya. Pelatihan seperti ini dapat membantu moms dalam bersosialisasi dan menjadi healing
  • Jadi single mom berarti merangkap dua posisi, jadi ibu sekaligus ayah bagi anak-anak. Hal ini pastinya terasa berat bagi moms, harus mencari nafkah sekaligus mendidik anak. Pasti ada satu posisi yang harus jadi korban, dan biasanya itu adalah komunikasi dengan anak. Karenanya, dibutuhkan komunikasi yang baik dengan anak-anak.

Bisa dimulai dengan memberi kesadaran pada mereka dengan kondisi yang sedang moms jalani. Disini dibutuhkan saling pengertian dari kedua pihak. Setidaknya, harus ada waktu bersama yang harus dilalui agar anak tidak merasa diabaikan. Moms bisa juga menyiasatinya dengan bergabung di komunitas parenting.

Hal berat lainnya yang harus ditanggung single mom adalah masalah kesehatan. Karena harus menjalani segalanya sendirian, seringkali para ibu tunggal tidak memperhatikan kesehatannya. Padahal moms tidak akan bisa beraktivitas lancar ketika sakit datang menyerang tubuh.

Karenanya, penting bagi moms untuk menjaga pola hidup sehat. Makanan yang bergizi juga harus dijaga, seperti banyak konsumsi buah dan sayur. Olahraga jangan sampai ditinggalkan. Jalan pagi 30 menit setiap pagi sudah cukup membuat tubuh bugar. Jangan segan untuk istirahat ketika tubuh mulai terasa lelah. Menjaga energi tetap stabil juga hal yang wajib dilakukan agar stamina tubuh terjaga.

Menjadi single mom memang tidak mudah, dan akan sangat berat menjalaninya apabila moms merasa sendirian. Pada intinya, hindari menutup diri karena akan lebih mudah menjalani hidup dengan orang-orang yang paham dengan kondisi moms. Menjadi ibu tunggal juga bukan hal yang tabu atau memalukan. Karenanya, jangan merasa berat menyandang predikat tersebut. Banyak ibu tunggal yang ternyata menginspirasi masyarakat dan pantas jadi panutan.

Menjadi Ibu Tunggal bukan berarti kegagalan.

Artikel ini ditulis oleh: Yola Widya
Written by
Kontributor

Kontributor adalah kontributor tulisan di blog Single Moms Indonesia. Mau menyumbang tulisan? Hubungi kami ya.

View all articles
Leave a reply

Invalid OAuth access token.
Written by Kontributor

Instagram

Invalid OAuth access token.

SMI Podcast