• Search
  • Lost Password?

Aku Yang Baru – Workshop Pertama SMI

Aku Yang Baru

Hari Minggu yang lalu tepatnya tanggal 14 Agustus 2016, SMI bekerjasama dengan Art+I dan Get Happy mengadakan event perdana kami yang bertajuk “Aku Yang Baru”.

Kenapa “Aku Yang Baru”?

Kami sebagai Support Group merasa perlu mengajak anggota kami yang adalah single moms untuk mulai berpikir positif dan bersama-sama fokus pada masa depan yang lebih baik pastinya.

Acara dibuka dengan perkenalan dari Dee, penggagas gerakan Get Happy. Dee berbagi kisah hidupnya yang penuh tantangan dan bagaimana dia akhirnya memutuskan untuk ‘bersuara’ mengenai mental health di Indonesia yang masih menganggap mental issues are taboo. Dee mengajak para member SMI untuk menyadari pentingnya menjadi Ibu yang bahagia demi membesarkan anak-anak yang bahagia.

Dee from Get Happy

Mbak Mutia Ribowo dari Art Therapy Indonesia kemudian memperkenalkan Art Therapy. Dengan booming coloring book untuk orang dewasa belakangan ini, Mbak Mutia menjelaskan bahwa tidak semua orang cocok mewarnai. Ada orang-orang yang punya tendensi malah lebih stress setelah mencoba coloring book itu. Kenapa? Karena sisi perfeksionis mereka malah membuat stress bukannya santai.

Art therapy itu pada dasarnya proses terapi yang memanfaatkan media seni sebagai alat komunikasi dan metode penyembuhan untuk anak maupun orang dewasa.

Perkenalan dengan Art Therapy berlanjut dengan peserta menggambar kedua telapak tangan di atas kertas. Telapak tangan kiri dan kanan kami outline di atas kertas. Kiri merepresentasikan Past (Masa lalu) dan kanan adalah Future (Masa Depan). Kami diajak untuk mengisi kedua gambar telapak itu dengan gambar atau dengan kata-kata yang menggambarkan kondisi masing-masing.

Kegiatan ini seru sekali!

Art Therapy

Peserta diajak untuk menulis/menggambar hal-hal positif yang dirasa menghubungkan masa lalu dan masa depan di antara kedua telapak tangan masing-masing.

13988150_1789690577933613_4128186042191269868_o

Mbak Mutia mengajak peserta untuk menyimpan gambar tersebut dan setidaknya melihat gambar tersebut sehari sekali. Misalnya setiap pagi dan terus berpikir positif, membayangkan Future yang diharapkan.

Sesi ini ditutup dengan member SMI yang saling berbagi kesan dan perasaan mengenai apa yang telah mereka gambar.

Happy Single Moms Indonesia

Terima kasih kepada Art Therapy Indonesia dan Get Happy juga Le Seminyak yang telah membantu terlaksananya kegiatan workshop perdana SMI ini.

Some photos from Rebelicious.

Written by
Maureen

Maureen Hitipeuw adalah ibu tunggal dengan satu putra yang berusia 13 tahun. Maureen membentuk dan mengelola Single Moms Indonesia sejak tahun 2014. Ia ingin komunitas Single Moms Indonesia bisa menguatkan dan menginspirasi lebih banyak ibu tunggal untuk kembali berdaya dan berbahagia bersama anak-anak mereka.

View all articles
Leave a reply

Invalid OAuth access token.
Written by Maureen

Instagram

Invalid OAuth access token.

SMI Podcast