fbpx
  • Search
  • Lost Password?

5 Pelajaran yang Harus Kita Pelajari di Masa Sulit

Share this post

Jika kita tidak belajar dari masa-masa tersulit dalam hidup, kita tidak akan pernah bisa melaluinya.

Jika kita tidak mengambil pelajarannya…bisa dipastikan, sejarah akan terulang kembali mungkin lewat bentuk yang berbeda

Kapanpun hal-hal dalam hidup tidak berjalan sesuai rencana.

Kapanpun kehidupan memberi kita tantangan dan kesulitan, selalu ada berkah tersembunyi dan selalu ada pembelajaran luar biasa dibalik semuanya

Ini mungkin bukan salah kita. Kadang-kadang semuanya benar-benar di luar kendali kita tetapi jika kita melepaskan diri dari situasi itu dan melihatnya secara obyektif, kita mungkin dapat melihat area di mana kita bisa melakukan lebih baik, area di mana jika kita telah menyiapkan fondasi diri, dampaknya tidak akan terlalu besar.

Apa pun yang terjadi, apa pun yang Anda alami… GUNAKAN!

GUNAKAN hal itu untuk mengembangkan diri Anda.

GUNAKAN itu untuk tumbuh menjadi manusia yang lebih kuat.

GUNAKAN untuk membantu orang lain yang mungkin mengalami tantangan yang sama.

5 Pelajaran yang Harus Kita Pelajari di Masa Sulit

1. Self-work, Works

Dalam masa-masa sulit, kita bisa mengenali siapa yang telah ‘bekerja’ pada dirinya sendiri dan siapa yang belum. Self-work tidak menjamin hal-hal negative tidak akan anda alami tapi hal ini memastikan reaksi Anda terhadap hal-hal negatif tersebut akan lebih baik dibandingkan orang-orang yang belum melakukan self-work.

Dalam masa-masa sulit adalah sangat penting bagi kita untuk bereaksi dengan ketenangan dan kejelasan, bukan dengan rasa panik atau ketakutan. Dan di saat-saat seperti ini lah self-work bekerja. Mereka yang rutin meditasi dan terbiasa mempraktekkan mindfulness berada di tempat yang jauh lebih baik untuk membuat keputusan yang juga lebih bijak. Self-work itu apa saja? Self-work adalah semua tindakan untuk mengembangkan diri sendiri untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Mereka yang setiap hari mempraktekkan rasa syukur setiap hari akan lebih sanggup untuk berdiri tegak di tengah derasnya energy negative dalam hidupnya.

Mereka yang telah melakukan ‘self-work’ untuk belajar dan berkembang berada di posisi yang jauh lebih baik dalam pengambilan keputusan di masa-masa sulit.

Kalau Anda belum mempraktekkan ‘self-work’, sekarang adalah waktunya yang tepat untuk memulai. Jangan mengabaikannya. Jangan mengacuhkannya!

Jika Anda sedang berada di tempat yang tidak enak dan Anda belum memulai ‘self-work’ coba tanyakan pada diri Anda sendiri apa Anda ingin terus hidup seperti ini? Apa Anda mau terus merasa seperti ini seumur hidup?

Bagaimana jika nanti sesuatu terjadi lagi, apa Anda ingin berada di tempat yang secara mental dan emosional lebih kuat? Kalau iya, berkomitmen lah untuk memulai latihan harian itu setiap hari, dan komit mulai HARI INI. Tulis kan daftar NO MATTER WHAT (Tidak peduli apa pun itu). No matter what, setiap hari dan setiap pagi aku akan mempraktekkan rasa syukur (gratitude), meditasi (doa) dan membaca sesuatu yang positif…semua hal-hal yang Anda tau akan membuat Anda lebih baik, lebih kuat dan lebih bahagia sebagai manusia. Tuliskan semuanya…sekarang. Dan berjanji lah pada diri sendiri bahwa Anda akan berkomitmen melakukannya supaya Anda bisa tetap bangkit, apa pun yang Anda alami dan hadapi.

2. Kenali Batasan Diri

Masa-masa sulit terkadang dapat menjadi berkah, salah satunya adalah menunjukkan hal-hal yang menyita terlalu banyak ruang dalam pikiran dan emosi kita yang sebenarnya tidak penting-penting banget. Kita bisa lebih mengenali batasan-batasan diri sendiri. Kita jadi mengenali mereka yang selalu ada untuk kita. Mereka yang benar-benar peduli… dan mungkin beberapa yang tidak. Kita mengenali mereka yang benar-benar membuat waktu untuk kita apa pun yang terjadi dan mereka yang menghilang di saat kita butuhkan. Carilah waktu tenang lalu tanyakan pada dirimu “Apa saja yang sudah mengkonsumsi energiku terlalu banyak yang sebenarnya nggak penting-penting amat?” Mungkin sekarang adalah waktunya untuk melakukan perubahan untuk mengurangi atau menghilangkan hal-hal tersebut supaya hidup kita lebih berkualitas.

3. Fokus Pada Hal Penting

Masa-masa sulit benar-benar dapat menyadarkan kita untuk memahami apa dan siapa yang benar-benar kita pedulikan. Masa sulit bisa menunjukkan hal-hal apa yang sebenarnya penting dan butuh energi kita. Kepada siapa kita berpaling di masa-masa sulit? Siapa yang akan kita lindungi? Siapa yang benar-benar akan melakukan apa pun untuk kita? Passions apa yang kita temukan? Apa yang membuat kita lebih baik dan lebih kuat saat ini? Hal-hal ini penting. Diamlah sejenak dan tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan itu. Percaya lah pada jawabannya. Mungkin Anda perlu menyampaikan pada orang-orang itu betapa pentingnya mereka bagi Anda, bahwa Anda bersyukur memiliki mereka dalam hidup. Mungkin Anda perlu melakukan beberapa perubahan dalam hidup untuk hanya menyediakan ruang bagi hal-hal yang benar-benar PENTING dan menggantikan hal-hal yang tidak penting.

4. Harus Ada Perubahan!

Ini masalah besar karena dalam masa-masa tersulit kita SEMUA tahu bahwa segala sesuatunya harus berubah TETAPI kebanyakan orang tidak mau membuat perubahan itu. Kebiasaan buruk, RASA TAKUT dan pengondisian membuat kita terkunci di penjara masa lalu yang hanya menjamin hal yang sama di masa depan. TIDAK ADA yang akan berubah dalam jangka panjang kecuali Anda mengubah SEMUANYA yang perlu diubah. Berharap kondisi Anda berubah tanpa melakukan perubahan apa pun adalah hal yang bodoh! Berkomitmen lah pada proses pengembangan diri yang DAPAT ANDA BUAT untuk menciptakan kehidupan yang INGIN ANDA MILIKI. Berkomitmen lah sekarang dan lakukan itu sebagai praktik harian. Itu harus menjadi identitas baru Anda. Diri Anda yang lama harus mati, supaya dirimu yang baru bisa terlahir.

5. Ini Juga Akan Berlalu!

Memang sulit untuk menerima fakta ini ketika Anda mengalami saat-saat yang mengubah hidup yang penuh tekanan, tetapi jika Anda memikirkan kembali hidup Anda, dan kehidupan setiap orang yang Anda kenal… ANDA TAHU bahwa semuanya akan berlalu. Saat-saat indah tidak bertahan selamanya dan begitu pula saat-saat sulit. Percayalah bahwa momen ini akan berlalu. TAHU bahwa semua akan berlalu dan mulai melakukan pengembangan diri SEKARANG sehingga tidak ada yang dapat menggoyahkanmu. Lakukan ‘self-work’ agar TIDAK ADA MOMEN, TIDAK ADA KEJADIAN, TIDAK ADA KONDISI yang dapat mempengaruhi apa yang kamu rasakan tentang hidupmu. Teruslah berjalan, terus berjalan dengan optimisme dan keyakinan di dalam hatimu.

Tetap semangat ya, Moms! Masa-masa sulit juga memiliki pembelajaran tersendiri dalam hidup. Sekarang tergantung kita apakah mau mengambil pelajarannya dan terus memperbaiki diri atau terperangkap dalam pola pikir kita adalah korban dari kondisi.

Share this post
Written by
Maureen

Maureen Hitipeuw adalah ibu tunggal dengan satu putra remaja 14 tahun. Maureen membentuk dan mengelola Single Moms Indonesia sejak tahun 2014. Ia ingin komunitas Single Moms Indonesia bisa menguatkan dan menginspirasi lebih banyak ibu tunggal untuk kembali berdaya dan berbahagia bersama anak-anak mereka.

View all articles
Leave a reply

Written by Maureen

Founder

Maureen

Maureen Hitipeuw adalah ibu tunggal dengan satu putra remaja 14 tahun. Maureen membentuk dan mengelola Single Moms Indonesia sejak tahun 2014. Ia ingin komunitas Single Moms Indonesia bisa menguatkan dan menginspirasi lebih banyak ibu tunggal untuk kembali berdaya dan berbahagia bersama anak-anak mereka.

SMI Podcast

Supported & Recognized by